TUBAGUS WAHYUDI
Customer
Behavior Class
Text Book
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan
Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
ISI BUKU
·
BAB2. MOTIVASI DAN KEBUTUHAN.........23
·
BAB 3.
KEPRIBADIAN.........37
·
BAB 4. KONSEP DIRI DAN
PERILAKU KONSUMEN......... 61
·
BAB 5. PENGOLAHAN INFORMASI DAN PERSEPSI
KONSUMEN.........95
·
BAB 6.
PROSES BELAJAR KONSUMEN.........117
·
BAB 7. PENGETAHUAN KONSUMEN.........147
·
BAB 8.
SIKAP KONSUMEN.........165
·
BAB 9. PENGARUH AGAMA TERHADAP PERILAKU
KONSUMEN.........197
·
BAB 10. BUDAYA.........227
·
BAB 11. KARAKTERISTIK DEMOGRAFI, SOSIAL DAN
EKONOMI KONSUMEN.........251
·
BAB 12. KELUARGA DAN RUMAH TANGGA..........277
·
BAB 13. KELOMPOK ACUAN.........305
·
BAB 14. LINGKUNGAN DAN SITUASI KONSUMEN.........323
·
BAB 15. PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PERILAKU
KONSUMEN.........341
·
BAB 16. PROSES KEPUTUSAN KONSUMEN: PENGENALAN KEBUTUHAN, PENCARIAN INFORMASI,
DAN EVALUASI ALTERNATIF.........357
·
BAB 18. TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP
KONSUMEN.........401
·
BAB 19. IKLAN YANG MENYESATKAN DAN MENGELABUI
KONSUMEN.........423
Tuesday, 1st March
Perilaku konsumen adalah
proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi
kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari
konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Faktor dasar yang mempengaruhi
konsumen dalam menggunakan suatu produk adalah adanya pola pikir konsumen yaitu
konsep kebutuhan dan keinginan.
Dalam teori konsumen
kebutuhan dan keinginan merupakan sesuatu yang harus di pahami oleh prousen
karena Kebutuhan adalah susuatu keinginan yang mendasar yang harus dipenuhi
berdasarkan prioritas utama sedangkan keinginan adalah sesuatu yang dicari
konsumen dalam memilih produk untuk dikonsumsi berdasarkan emosi sementara dan
bukan suatu prioritas utama yang ketikan tidak dipenuhi konsumen tidak merasa
ada yang kurang. Ujang Sumarwan (2011) menjelaskan Perilaku konsumen adalah
proses atau aktivitas yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari,
membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah
dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Konsumen adalah semua individu dan
rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi pribadi
dan tidak untuk diperdagangkan. Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam
beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian, dan setelah pembelian.
Pada tahap sebelum pembelian konsumen akan melakukan pencarian informasi yang
terkait produk dan jasa. Pada tahap pembelian, konsumen akan melakukan
pembelian produk, dan pada tahap setelah pembelian, konsumen melakukan konsumsi
(penggunaan produk), evaluasi kinerja produk, dan akhirnya membuang produk
setelah digunakan.
Di dalam perilaku konsumen ada
hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian yaitu untuk
barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan
dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi
(high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan dengan
pertimbangan yang matang. Dalam konteks ini produsen/pemasar harus bisa
memahami apa yang dibutuhkan konsumen, apa seleranya dan bagaimana ia mengambil
keputusan, upaya ini dilakukan untuk lebih memahami konsumennya sehingga dapat
memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, perusahaan dapat menggolongkan
konsumennya ke dalam kelompok yang memiliki kemiripan tertentu, yaitu
pengelompokan menurut geografi, demografi, psikografi, dan perilaku.
Comments
Post a Comment
Terima Kasih telah mengunjungi Blog saya