TUBAGUS WAHYUDI
Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (www.manajemen.fem.ipb.ac.id)
Fakultas Ekonomi dan Manajemen (www.fem.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)

Customer Behavior Class                
Department of Family and Consumer Sciences, (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)

Prof Dr Ir UJANG  SUMARWAN, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id)

Text Book
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.



ISI BUKU
·      BAB 1. PENDAHULUAN.............. 1
·      BAB2. MOTIVASI DAN KEBUTUHAN.............. 23
·      BAB 3.   KEPRIBADIAN.............. 37
·      BAB 4. KONSEP DIRI DAN PERILAKU KONSUMEN.............. 61
·      BAB 5. PENGOLAHAN INFORMASI DAN PERSEPSI KONSUMEN..............  95
·      BAB 6.  PROSES BELAJAR KONSUMEN.............. 117
·      BAB 7. PENGETAHUAN KONSUMEN.............. 147
·      BAB 8.  SIKAP KONSUMEN.............. 165
·      BAB 9. PENGARUH AGAMA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN.............. 197
·      BAB 10. BUDAYA.............. 227
·      BAB 11. KARAKTERISTIK DEMOGRAFI, SOSIAL DAN EKONOMI KONSUMEN... 251
·      BAB 12. KELUARGA DAN RUMAH TANGGA.............. 277
·      BAB 13. KELOMPOK ACUAN.............. 305
·      BAB 14. LINGKUNGAN DAN SITUASI KONSUMEN.............. 323
·      BAB 15. PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN.............. 341
·      BAB 16. PROSES KEPUTUSAN KONSUMEN:  PENGENALAN KEBUTUHAN, PENCARIAN INFORMASI, DAN EVALUASI ALTERNATIF..............  357
·      BAB 17. PROSES KEPUTUSAN KONSUMEN: PEMBELIAN, KONSUMSI DAN KEPUASAN KONSUMEN.............. 377
·      BAB 18. TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP KONSUMEN.............. 401
·      BAB 19. IKLAN YANG MENYESATKAN DAN MENGELABUI KONSUMEN.............. 423


  
Tuesday, 2st March

Motivasi dan kebutuhan merupakan hal penting dalam kepribadian konsumen yang harus  di ketahui, karena motivasi dan kebutuhan salah satu faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan konsumen. Motivasi adalah daya dorong yang ada di dalam diri konsumen dalam memutuskan sesuatu sedangkan kebutuhan merupakan suatu keinginan yang harus dipenuhi sebagai prioritas utama yang di dorong oleh motivasi untuk memenuhinya.
Macam-macam kebutuhan
  Faktor pendorong :
         1.            Kebutuhan dari dalam diri sendiri (primer) atau fisiologis
         2.            Kebutuhan dari luar/lingkungan (sekunder)
  Faktor manfaat :
         1.            Pembelian karena manfaat fungsioal dan karakteristik obyektif  produk
 2.  Kebutuhan hedonic/ekpresif (fsikoligis) untuk memenuhi tuntutan social dan estetika,gengsi, percaya diri dan rasa puas
Teori motivasi Mccleland
Teori ini menyatakan tiga kebutuhan dasar yang memotivasi seorang individu untuk berperilaku, yaitu: kebutuhan sukses, afiliasi dan kekuasaan.
Ø  Kebutuhan sukses adalah keinginan manusia untuk mencapai prestasi, reputasi, dan karir yang baik.
Ø  Kebutuhan afiliasi adalah keinginan manusia untuk membina hubungan dengan sesamanya, mencari teman yang bisa menerimanya, ingin dimiliki orang-orang disekelilingnya, dan ingin memiliki orang-orang yang bisa menerimanya.
Ø  Kebutuhan kekuasaan adalah keinginan seseorang untuk bisa mengontrol lingkungannya, termasuk mempengaruhi orang-orang disekelilingnya.
Pemahaman tentang motivasi dan kebutuhan menutut kita untuk memahami Dua aplikasi penting dari teori motivasi yaitu segmentasi dan positioning.
Para pemasar tertarik untuk memahami bagaimana kepribadian mempengaruhi prilaku konsumsi, karena pengetahuan tersebut memungkinkan mereka mampu memahami konsumen dengan lebih baik dan mampu membidik para konsumen yang cenderung menanggapi secara positif komunikasi mengenai produk atau jasa
Kepribadian Konsumen
Tiga hal penting dalam kepribadian konsumen yaitu ;
Ø Kepribadian mencerminkan perbedaan individu
Ø Kepribadian bersifat konsisten dan bertahan lama
Ø Kepribadian dapat berubah
Konsep gaya hidup konsumen sedikit berbeda dari kepribadian. Gaya hidup terkait dengan bagaimana seseorang hidup, bagaimana seseorang menggunakan uangnya dan bagaimana sesorang mengalokasikan waktu mereka. Kepribadian menggambarkan konsumen lebih kepada persepektif internal yang memperlihatkan karakteristik pola pikirm perasaan dan persepsi mereka terhadap sesuatu. Ada 3 faktor yang mempengaruhi gaya hidup yaitu kegiatan,minat, dan pendapat atau pemikiran.



Comments

Popular posts from this blog

Ngaca donk

SO COOL