TUBAGUS WAHYUDI
Customer
Behavior Class
Text Book
Ujang
Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.
Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
ISI BUKU
·
BAB 1. PENDAHULUAN.............. 1
·
BAB2. MOTIVASI DAN KEBUTUHAN.............. 23
·
BAB 3.
KEPRIBADIAN.............. 37
·
BAB 4. KONSEP DIRI DAN
PERILAKU KONSUMEN.............. 61
·
BAB 5. PENGOLAHAN INFORMASI DAN PERSEPSI
KONSUMEN.............. 95
·
BAB 6.
PROSES BELAJAR KONSUMEN.............. 117
·
BAB 7. PENGETAHUAN KONSUMEN.............. 147
·
BAB 8.
SIKAP KONSUMEN.............. 165
·
BAB 9. PENGARUH AGAMA TERHADAP PERILAKU
KONSUMEN.............. 197
·
BAB 10. BUDAYA.............. 227
·
BAB 11. KARAKTERISTIK DEMOGRAFI, SOSIAL DAN
EKONOMI KONSUMEN... 251
·
BAB 12. KELUARGA DAN RUMAH TANGGA.............. 277
·
BAB 13. KELOMPOK ACUAN.............. 305
·
BAB 14. LINGKUNGAN DAN SITUASI KONSUMEN.............. 323
·
BAB 15. PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PERILAKU
KONSUMEN.............. 341
·
BAB 16. PROSES KEPUTUSAN KONSUMEN: PENGENALAN KEBUTUHAN, PENCARIAN INFORMASI,
DAN EVALUASI ALTERNATIF.............. 357
·
BAB 17. PROSES KEPUTUSAN KONSUMEN: PEMBELIAN,
KONSUMSI DAN KEPUASAN KONSUMEN.............. 377
·
BAB 18. TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP
KONSUMEN.............. 401
·
BAB 19. IKLAN YANG MENYESATKAN DAN MENGELABUI
KONSUMEN.............. 423
Tuesday, 2st March
Motivasi dan kebutuhan merupakan hal penting dalam kepribadian konsumen
yang harus di ketahui, karena motivasi
dan kebutuhan salah satu faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan
keputusan konsumen. Motivasi adalah daya dorong yang ada di dalam diri konsumen
dalam memutuskan sesuatu sedangkan kebutuhan merupakan suatu keinginan yang
harus dipenuhi sebagai prioritas utama yang di dorong oleh motivasi untuk
memenuhinya.
Macam-macam kebutuhan
Faktor pendorong :
1.
Kebutuhan dari dalam diri sendiri (primer)
atau fisiologis
2.
Kebutuhan dari luar/lingkungan (sekunder)
Faktor manfaat :
1.
Pembelian karena manfaat fungsioal dan
karakteristik obyektif produk
2. Kebutuhan hedonic/ekpresif (fsikoligis)
untuk memenuhi tuntutan social dan estetika,gengsi, percaya diri dan rasa puas
Teori motivasi Mccleland
Teori ini
menyatakan tiga kebutuhan dasar yang memotivasi seorang individu untuk
berperilaku, yaitu: kebutuhan sukses, afiliasi dan kekuasaan.
Ø Kebutuhan sukses adalah keinginan manusia untuk mencapai
prestasi, reputasi, dan karir yang baik.
Ø Kebutuhan afiliasi adalah keinginan manusia untuk membina
hubungan dengan sesamanya, mencari teman yang bisa menerimanya, ingin dimiliki
orang-orang disekelilingnya, dan ingin memiliki orang-orang yang bisa
menerimanya.
Ø Kebutuhan kekuasaan adalah keinginan seseorang untuk bisa
mengontrol lingkungannya, termasuk mempengaruhi orang-orang disekelilingnya.
Pemahaman tentang motivasi dan kebutuhan
menutut kita untuk memahami Dua aplikasi
penting dari teori motivasi yaitu segmentasi dan positioning.
Para pemasar tertarik untuk memahami bagaimana
kepribadian mempengaruhi prilaku konsumsi, karena pengetahuan tersebut
memungkinkan mereka mampu memahami konsumen dengan lebih baik dan mampu
membidik para konsumen yang cenderung menanggapi secara positif komunikasi
mengenai produk atau jasa
Kepribadian Konsumen
Tiga hal penting dalam kepribadian konsumen
yaitu ;
Ø
Kepribadian mencerminkan
perbedaan individu
Ø
Kepribadian
bersifat konsisten dan bertahan lama
Ø
Kepribadian
dapat berubah
Konsep gaya hidup konsumen sedikit berbeda
dari kepribadian. Gaya hidup terkait dengan bagaimana seseorang hidup,
bagaimana seseorang menggunakan uangnya dan bagaimana sesorang mengalokasikan
waktu mereka. Kepribadian menggambarkan konsumen lebih kepada persepektif
internal yang memperlihatkan karakteristik pola pikirm perasaan dan persepsi
mereka terhadap sesuatu. Ada 3 faktor yang mempengaruhi gaya hidup yaitu
kegiatan,minat, dan pendapat atau pemikiran.
Comments
Post a Comment
Terima Kasih telah mengunjungi Blog saya